Tuesday, 10 March 2015

Istilah - Istilah Dalam Farmakologi

BY Ale Video IN No comments

Obat ialah suatu zat yang digunakan untuk diagnose, pengobatan, melunakkan, penyembuhan atau pencegahan penyakit pada manusia atau pada hewan. Ilmu Farmakologi adalah ilmu yang menpelajari cara dalam mana fungsi sistem hidup dipengaruhi obat. Farmakokinetik adalah ilmu yang mempelajari tentang ADME (absorpsi distribusi metabolisme dan eksresri obat) Pengaruh tubuh terhadap obat. Farmakoterapi adalah ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk menyembuhkan penyakit. Ilmu khemoterapi adalah ilmu yang mempelajari pengobatan penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen termasuk pengobatan neoplasma. Toksikologi adalah ilmu yang mempelajari keracunan oleh berbagai bahan kimia terutama obat.

Farmakodinamik adalah ilmu yang mempelajari cara kerja obat, efek obat terhadap faal tubuh dan pengaruh obat terhadap reaksi biokimia dan struktur organ. Efek Obat ialah efek sistemik ialah obat beredar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, oral, sublingual, bukal, injeksi, rektal. Efek lokal ialah efek hanya setempat di mana obat di gunakan, inhalasi, salep, pada mukosa mata hidung telinga. Rute obat melalui oral, masuk mulut, tenggorokan terus ke perut melalui suntikan dengan mencoblos beberapa jaringan tubuh. Secara inhalasi yaitu berupa gas di isap melalui hidung. Bentuk obat tablet, kapsul pil dan serbuk. Analgetik-antipiretik adalah obat yang mempengaruhi atau melenyapkan rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran. Antibiotik adalah obat yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang dapat menghambat pertumbuhan atau dapat membunuh mikroorganisme lain. Resistensi, obat tidak mampu membunuh kuman atau keman menjadi kebal terhadap obat. Antidiabetik obat yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Antidot, keracunan, antihepertensi menurunkan tekanan darah tinggi, atikoagulan mencegah pembekuan darah. Vaksin adalah sediaan yang mengandung antigen dapaat berupa kuman mati, kuman inaktif atau kuman hidup yang dilumpuhkan virulensinya tanpa merusak antigennya yang berguna untuk kekebalan aktif dan khusus terhadap infeksi atau toksinnya.

Rute obat melalui oral, masuk mulut, tenggorokan terus ke perut. Melalui suntikan dengan mencoblos beberapa jaringan tubuh. Secara inhalasi yaitu berupa gas di isap melalui hidung. Bentuk obat tablet, kapsul pil dan serbuk. Analgetik-antipiretik adalah obat yang mempengaruhi atau melenyapkan rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran

Antibiotik adalah obat yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang dapat menghambat pertumbuhan atau dapat membunuh mikroorganisme lain. Resistensi, obat tidak mampu membunuh kuman atau keman menjadi kebal terhadap obat. Antidiabetik obat yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderida diabetes melitus. Antidot, keracunan, antihepertensi menurunkan tekanan darah tinggi, atikoagulan mencegah pembekuan darah. Vaksin adalah sediaan yang mengandung antigen dapaat berupa kuman mati, kuman inaktif atau kuman hidup yang dilumpuhkan virulensinya tanpa merusak antigennya yang berguna untuk kekebalan aktif dan khusus terhadap infeksi atau toksinnya.

Golongan obat adalah penggolongan yang dimaksud untuk peningkatan keamanan dan ketepatan penggunaan serta pengamanan distribusi yang terdiri dari obat bebas, obat terbatas, obat keras psikotrofika san narkotika.
-Obat yang dijual bebas (warna hijau) tablet vit. C 100 mg, tablet B complex, tablet B1 100 mg
-Obat yang termasuk dalam golongan obat bebas terbatas (warna biru) yaitu obat keras dengan batasan jumlah dan kadar yaitu obat berkhasiat dan harus ada tanda peringatan (P) boleh dijual bebas.
Ammonia 10 % ke bawah, ovula sulfanilamidun, tablet tertamisolum,
-obat keras yaitu obat berkhasiat keras yang untuk memperolhnya harus dengan resep dokter
Semua obat injeksi, obat antibiotika misal penicilin, ampicilin, obat atibakteri sulfadiazin, trisulfa
-Obat nirkotik untuk memperoleh harus dengan resep dokter dan apotik di wajibkan melaporkan jumlah dan macamnya.

Opium, kokain kasar, morfin, diasetil morfin
Obat tradisional ialah obat jadi atau obat berbungkus yang berasal dari badan tumbuh-tumbuhan, hewan, mineral dan atau sediaan galenik atau campuran dari bahan bahan tersebut yang usaha pengobatan berdasarkan pengalaman.
Obat jadi yakni obat dalam keadaan murni atau campuran dalam bentuk serbuk, cairan, salep, tablet
Obat paten yakni obat jadi dengan nama dagang yang terdaftar atas nama si pembuat atau di kuasakannya dan du jual dalam bungkus asli dari parbrik yang memproduksi.
obat baru ialah obat yang terdiri atau berisi suatu zat baik sebagai bagian yang berkhasiat, maupun tak berkhasiat misal lapisan pengisi , pelarut atau komponen lain yang belum dikenal hingga tidak diketahui khasiat dan keamanannya.
Obat esensial adalab obat yang paling dibutuhkan untuk pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi masyrakat terbanyak yang meliputi diagnosa, profiaksi terapi dan rehabilitasi.
Obat wajib apotek ialah obat keras yang dapat diserahkan tanpa resep dokter oleh apoteker di apotek.