Monday, 21 October 2013

Permainan Sandal Jepit

BY Ale Video IN No comments

Permainan ini bertujuan untuk mengasah kerja sama tim dan kemampuan untuk menyusun strategi peserta. Permainan ini dikemas dalam format berkelompok dengan jumlah peserta sebanyak 10 hingga 30 orang. Waktu yang diperlukan untuk melakukan permainan ini adalah 15 – 30 menit.

Alat
-         - Penutup mata
-          - Sandal jepit, dengan warna yangberbeda-beda

Permainan sandal jepit

Mekanisme permainan
Kumpulkan seluruh peseta. Bagi peserta menjadi lima pasangan. Minta masing-masing pasangan tersebut membuat isyarat dengan suara. Isyarat tersebut harus berbeda dengan isyarat yang digunakan pasangan lain. Kemudian minta mereka menutup mata dengan penutup mata yang telah disediakan.

Bagikan sepasang sandal pada masing-masing wakil kelompok. Minta mereka mamakai sandal tersebut. Setiap satu orang mengenakan satu bagian, misalnya sebelah kanan saja atau sebelah kiri saja. Minta setiap peserta untuk menutup mata peserta. Putar-putar dahulu badannya kemudian dipencar.


Tugas masing-masing orang adalah mencari teman sekelompok mereka. Mereka dapat menggunakan isyarat suara yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencari tahu dimana temannya. Pasangan yang menang adalah pasangan yang berhasil menemukan kawan dan sandal jepit pasangan yang mereka gunakan.

Daftar Pustaka:
Sutawijaya, Risang. 2013. Super Creative Game. Yogyakarta: Penerbit: Cemerlang Publishing.