Wednesday, 11 September 2013

Experience Is Important

BY Ale Video IN No comments

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang pengalaman. Pada kenyataannya memang pendidikan dan pengalaman adalah hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Perbedaan yang amat menonjol antara keduanya adalah jika pendidikan itu bisa kita cari dan pengalaman harus dilakukan sendiri. Untuk mendapatkan pengalaman yang banyak kita harus berani mencoba hal-hal yang baru. Jangan takut untuk melakukan hal yang belum pernah kita lakukan. Karena semua itu pasti ada manfaatnya. Meskipun kita tidak sampai pada tujuan kita tetapi setidaknya kita sudah mendapat pengalaman dari perjalanan itu sendiri. Dalam artian kita sudah melakukan suatu perjalanan dan didalam pertengahan perjalanan tersebut secara tidak sengaja kita sudah mendapatkan hal-hal yang baru atau istilah istilah yang baru. Selangkah lebih maju daripada teman yang lain. Meskipun memang ketika kita sedang dalam perjalanan ada kalanya untuk melaju cepat dan ada saatnya untuk berjalan lambat berhati-hati. Seperti ketika dijalanan terlihat sepi, cuaca yang cerah, dan jalan yang mulus maka kita bisa melaju dengan cepat. Tetapi ketika kita dihadapkan dengan jalan yang licin akibat genangan air hujan/salju kemudian dengan jalan yang tidak rata (banyak lubang dimana mana) maka kita harus berhati hati dalam melewati jalan tersebut.
Bisa saja kita akan terpeleset dan jatuh di jalan tersebut. Atau yang lebih tragis lagi kita bisa saja terkena lubang yang cukup dalam kemudian jatuh ke arah bis yang berada dibelakang kita.

Cristiano Ronaldo Walpaper Experience

Sebaiknya yang dilakukan pada saat mencari pengalaman, kita harus tahu kapan waktunya untuk cepat dan kapan waktunya untuk melambat. Di saat cepat mungkin kita hanya perlu melewatinya saja agar tidak terlalu membuang banyak waktu dan mengambil intisari nya saja. Sebaliknya jika sedang melambat pelajari lah dengan seksama keadaan dan mengingat apa yang ada di situ.

Mencari penglaman sebaiknya jangan terlalu sering berada pada pengaruh orang lain, karena langkah kita mungkin bisa dibatasi dengan peraturan-peraturannya. Lakukanlah dengan sendiri kalo bisa, tetapi dengan tidak menghiraukan pendapat orang lain juga. Mintalah saran pada ahli dibidangnya.

Dalam mencari pengalaman terkadang kita mendapatkan masalah yang harusnya kita selesaikan disitu dan pada saat itu juga. Apa kamu pernah mendengar cerita tentang seseorang yang kehilangan uangnya digudang yang gelap tetapi dia malah mencarinya di pintu utama. Petugas keamanan yang berada di tempat tersebut pun menghampirinya dan bertanya...
Petugas: "Mau nyari apa mas?"
Someone: "Ini mas, uang saya hilang"
Petugas: "Emang hilangnya dimana to mas?"
Someone: "Digudang lantai 3 pak... "
Petugas: "Looh?? , kok nyari nya disini to mas?
harusnya kan carinya digudang sana ..."
Someone: "Habisnya digudang gelap kok mas, kalo disini kan kelihatan terang."
Petugas: ?@#$#!%:

Pesan moral yang kita dapatkan pada cerita diatas adalah kita mestinya menyelesaikan masalah pada tempatnya. Meskipun sesulit atau segelap apapun keadaanya kita harus menyelesaikannya ditempat itu juga, dan pada waktu yang sesingkat-singkatnya. Karena semakin kita menghiraukannya semakin besar juga kerugian yang kita dapatkan baik kerugian material maupun kerugian non material.