Monday 18 February 2013

Program Kreativitas Mahasiswa

BY Unknown No comments

PKM
   PKM atau program kreativitas mahasiswa adalah program yang diciptakan oleh dikti dp2m dan bertujuan untuk membuat mahasiswa menjadi lebih arif dan mandiri.

   Dalam hal ini mahasiswa diberi kesempatan untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandiriannya melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmunya masing-masing. Sampai saat ini terdapat enam jenis kegiatan PKM yang ditawarkan, yaitu PKMP, PKMT, PKMM, PKMK, PKM GT dan PKM AI. 

   Pelatihan PKM yang sudah saya ketahui yaitu PKM GT dan PKM AI. Kebanyakan mahasiswa membuat PKM GT. Karena PKM jenis ini lebih mudah dari pada PKM yang lainnya. Berikut ini pemaparan PKM GT dan AI.

   PKM Gagasan Tertulis (PKMGT) merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang dapat ditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik.
   
   PKM Artikel Ilmiah (PKMAI) merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri (studi kasus, praktek lapang, KKN, PKM, magang, dan lain-lain).