Tuesday, 26 March 2013

Pengaruh Minum Air Dingin Setelah Makan

BY Ale Video IN No comments

Menurut ilmu kedokteran, minum air dingin setelah makan akan membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi. Pola makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita, hidangan cepat saji dan minuman dingin adalah salah satu yang memberi kontribusi buruk terhadap kesehatan, mengapa? karena kebiasaan minum minuman dingin setelah makan akan mempersempit saluran usus kita. Memang enak, minum air dingin usai makan, seperti : Cola dingin, teh manis dingin, es krim atau sirup dingin lainnya, tapi ingat..! Hal itu bisa berakibat fatal. Kondisi dingin akan membekukan makanan berminyak yang baru dimakan. Ini akan memperlambat proses pencernaan.

Bila lemak-lemak terbentuk dalam usus, ia akan mempersempit saluran pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul sehingga kita semakin gemuk atau menuju ke arah munculnya berbagai penyakit.

Minuman yang dingin bisa mengakibatkan mengkerutnya saluran pada usus. Tidak ada keuntungannya minum air es kecuali hanya untuk menurunkan suhu tubuh. Lebih khususnya lagi bagi seorang atlet meminum air dingin merupakan pantangan yang besar. Ini akan menurunkan kemampuan fisiknya. Jadi latihan yang telah di jalani akan menjadi kurang efektif.

Untuk menghindari hal demikian terjadi, biasakanlah minum air panas, teh panas atau yang lainnya. Tentu saja dengan panas yang layak untuk diminum. Kurangi kebiasaan meminum minuman dingin baik yang telah didinginkan di kulkas atau dicampur es. 




Sumber:
http://www.beritaunik.net/kesehatan/hindari-minum-air-dingin-setelah-makan.html