Wednesday, 27 November 2013

Penanganan Cedera Hamstring

BY Ale Video IN , , 4 comments

Penyerang Barcelona, Lionel Messi dipastikan bakal absen antara dua hingga tiga pekan lantaran menderita cedera hamstring. "Lionel Messi menderita cedera ringan pada otot femoris bisep fibrilar pada kaki kanannya. Pemain asal Argentina itu harus absen sekitar dua hingga tiga pekan yang memaksanya melewatkan dua pertandingan La Blaugrana pada pekan ini yakni saat berhadapan dengan Celtic dan Valladolid pada akhir pekan," ucap pernyataan pihak klub pada situs resmi Barca, Minggu (29/9/2013).


Messi Cedera Otot Biseps Femoris


Cara Penanganannya:
Sebelum saya menjelaskan tentang cara penanganan cedera pada otot hamstring, saya akan menguraikan dulu apa itu cedera hamstring. Cedera hamstring adalah cedera yang terletak pada otot hamstring. Terdapat tiga otot yang dikenal secara kolektif sebagai otot hamstring menutupi paha posterior. Mereka terdiri dari semitendinosus, semimembranosus, dan otot biseps femoris. Dalam hal ini, cedera Messi terletak pada otot biseps femoris. Tingkatannya sudah lumayan parah yaitu grade 2 yang ditandai dengan sobeknya otot. Messi sendiri telah memiliki cedera hamstring sejak akhir musim 2012. Saat itu masih grade 1, tetapi sebelum sembuh total ia sudah bermain kembali. Hingga akhirnya penyakitnya kambuh dan masuk pada tingkatan kedua. Jika sudah grade 2 seperti ini maka di anjurkan untuk istirahat total selama 4 hingga 8 Minggu. Agar otot yang sobek dapat diperbaiki kembali. Selama proses recovery pasien diharapkan untuk manambah asupan protein untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

Ketika awal cedera hamstring, hal yang dilakukan dahulu yaitu meluruskan kaki agar otot yang berkontraksi dapat berelaksasi dengan baik. Kemudian diberi RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Setelah berselang satu hari baru boleh dilakukan gerakan masase pada otot yang cedera. Terkait dengan cedera yang dialami Messi, maka dilakukan masase pada otot biseps femoris kaki kanan. Untuk penyembuhannya lakukan stretching yang melibatkan otot biseps femoris. Seperti gerakan meluruskan kaki dan memegang ujungnya dengan tangan.

Sekian penjelasan dari saya, semoga yang sedikit ini dapat memberikan manfaat yang besar.

Berita di awal artikel di ambil dari:
http://soccer.sindonews.com/read/2013/09/29/55/788735/cedera-hamstring-paksa-messi-absen-tiga-pekan




4 komentar:

Post a Comment