Tuesday, 27 August 2013

3 Hal Dalam Hidup Kita Yang Tidak Bisa Kembali

BY Ale Video IN No comments

Ini merupakan awal artikel saya yang berjenis serba 3 atau All About 3. Kenapa 3? Karena 3 adalah istimewa. Saat ketika kita hidup ini dibagi dari 3 masa, yaitu masa lalu (kenangan), masa sekarang (yang kita jalani), dan masa depan (harapan). Masa lalu merupakan masa yang telah kita jalankan. Masa sekarang yaitu masa yang sedang kita jalankan. Serta masa depan yaitu masa yang akan kita jalankan. Kita disarankan untuk tidak terlalu memikirkan masa lalu, dan masa depan. Tetapi pikirkanlah apa yang sedang anda lakukan sekarang. Ditempat ini dan detik ini juga. Tidak apa-apa memikirkan masa lalu tetapi hanya untuk mengambil pelajaran dan pengalaman saja. Masa depan juga penting sebagai motivasi kita untuk rencana mau jadi apa. Tetapi yang paling penting dari yang paling utama sudah jelas bagaimana kita menggunakan masa sekarang dengan sebaik-baiknya.


Nabi kita Sayyidina Muhammad SAW memiliki banyak sunnah yang berjumlah 3. Kelahiran nabi sendiripun pada bulan ketiga dari kalender hijriyah yaitu 12 Robi'ul awal. Tiga juga lebih kecil daripada 7 atau 10. Secara klasifikasi, 3 besar itu lebih hebat, terfokus, dan efisien. Planet tempat kita berpijakpun berada pada urutan ke-3 dari matahari setelah planet merkurius dan venus. Satu lagi angka 3 yang paling berarti dalam hidup saya adalah bahwa saya juga dilahirkan sebagai anak ketiga oleh orang tua saya yang paling tercinta. Oke, mari kita membahas tentang angka 3.

Awal artikel saya kali ini membahas tentang 3 hal dalam hidup kita yang tidak bisa kembali. 3 hal tersebut adalah waktu, kesempatan, dan kata-kata. Berikut ini penjelasannya...

1.Waktu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Jangan sekali-kali menyia-nyiakan waktu. Karena waktu itu sangat berharga. Sampai-sampai muncul ungkapan bahwa waktu adalah uang. Semakin terbuang waktu yang anda miliki, maka kita akan kehilangan banyak uang. Sabda Rasululloh tentang waktu yaitu jika hari ini sama dengan hari kemaren maka ia rugi. Apalagi jika hari ini lebih buruk dari kemaren, maka ia mengalami kebangkrutan. Ini menandakan bahwa waktu itu sangat penting sekali. Pernahkah kita merenung sejenak tentang artinya waktu bagi beberapa orang berikut ini. Makna satu tahun bagi mereka yang tidak naik kelas. Satu bulan untuk ibu yang melahirkan bayi prematur. Satu minggu bagi editor majalah mingguan. Satu hari bagi pekerja yang digaji harian. Satu jam bagi orang yang menunggu kekasihnya datang. Satu menit bagi mereka yang ketinggalan kereta. Satu detik bagi orang yang mengalami kecelakaan. Dan satu mili detik bagi sprinter peraih medali perak di Olimpiade. Sangat amat berarti waktu itu bagi kita semua. Jadi mulai detik ini manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan usahakan dapat bermanfaat bagi banyak orang.

2.Kesempatan

Hal yang tidak bisa kembali lagi yang kedua yaitu kesempatan. Kita mengerti artinya kesempatan untuk menggapai puncak kesuksesan. Didalam kesempatan juga terdapat 3 hal tipe manusia dengan datangnya kesempatan tersebut. Pertama, bagi orang yang lemah adalah menunggu kesempatan. Kedua, bagi orang yang kuat ia akan menciptakan kesempatan. Dan yang ketiga bagi orang bijak akan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Kata banyak orang kesempatan tidak datang dua kali. Persepsi ini bisa kita gunakan agar kita termotivasi untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang datang. Karena kembali pada topik diatas, bahwa kesempatan tidak bisa kembali lagi.

3.Kata-kata

Kata-kata membuat orang bahagia, sebaliknya juga dapat melukai hati seseorang. Seperti peribahasa yang berbunyi mulutmu lebih tajam daripada pedangmu. Artinya dengan mulut atau kata-kata bisa mengakibatkan pembunuhan dengan fitnah dan kata-kata kejinya. Sering kali kita mendengar dialog pemain film yang berkata kepada lawan mainnya "Tarik lagi perkataanmu". Bagaimana bisa kata-kata yang telah diucapkan dapat ditarik kembali. Yang benar hanyalah meminta maaf. Kita tidak bisa menarik kembali perkataan yang sudah dikatakan. Oleh karena itu jagalah mulut kamu agar kita berkata hanya yang baik-baik saja.

Demikian suara hati saya tentang 3 hal dalam hidup kita yang tidak bisa kembali lagi. Silahkan membaca suara-suara hati saya yang lainnya ...

Terima kasih ^_^