Monday, 5 August 2013

Alasan Mengapa Orang Susah Beribadah Dimalam Hari

BY Ale Video IN No comments

Dirasakan atau tidak, kita seringkali merasa bahwa untuk sholat malam saja susah banget. Kayaknya berat sekali badan ini bergerak. Padahal ketika seseorang sedang sholat semua dosanya berada diatas kepala. Ketika rukuk dosanya dipikul diatas pundak. Kemudian ketika ia sujud maka dosa-dosanya rontok semua. Makanya ketika sujud jangan cepat-cepat. Karena disaat itu kita menjadi dekat sekali dengan Allah SWT. Maka dari itu setan tidak akan membiarkan kita dengan enaknya melakukan sholat. Setan akan berusaha sekuat tenaga mengajak manusia menemaninya dineraka kelak. Diantaranya yaitu dengan membuat ibadah yang kita lakukan seolah-olah berat sekali. Dalam hadist Nabi Muhammad SAW dijelaskan bahwa yang membuat kita malas beribadah dimalam hari. Diantaranya adalah:

1. Kebanyakan Makan dan Minum
Sering makan akan membuat kita malas beribadah. Karena dengan banyak makan akan mengundang kantuk. Kalau kita tidak ngapa-ngapain jangan makan yang banyak. Sesuaikan dengan aktifitas kita. Jika aktif bergerak seperti pemain sepak bola tidak apa-apa kalau makannya lebih banyak sedikit dari yang hanya tidur dikamar saja. "Bensin dengan jalannya motor harus seimbang, jika motornya jalan dekat bensinnya sedikit. Jika motor bergerak jauh maka bensinnya banyak."

2. Siangnya beraktifitas terlalu keras
Jika siang hari kita kerja terlalu keras maka malamnya nanti akan kecapekan. Capek membuat kita mengantuk dan tidur.

3. Tidak sempat tidur siang
Tidur disiang hari meskipun sebentar akan membuat kita mempunyai kekuatan untuk sholat malam. Jika tidak sempat tidur otomatis malamnya tidak bisa sholat malam.

4. Sering berbuat maksiat atau dosa
Dosa-dosa yang dilakukan akan membuat hati menjadi beku dan kaku. Oleh sebab itu kita akan berat melakukan ibadah. Kalau diajak main game saja mulai malam sampai pagipun sanggup. Tapi jika sholat hanya 5 menit saja rasanya seperti ada yang nggandoli. Itu tandanya kita kebanyakan maksiat. Dan orang yang sering maksiat akan jauh dari Rahmat Allah.

Tentunya iblis atau syetan mempunyai 1001 cara untuk menjerumuskan manusia kelembah kehancuran dan kenistaan. Sebab-sebab diatas hanya sebagian kecil muslihat setan yang digunakan untuk menggoda manusia. Masih banyak lagi tipu daya setan yang lainnya. Kita harus berwaspada dengan godaan-godaan setan ini.

Pinterest: http://www.pinterest.com/achmadsholahudd/pins/