Saturday, 31 August 2013

3 Hal Yang Dapat Menghancurkan Hidup Kita

BY Ale Video IN No comments

Ada 3 Hal yang dapat menghancurkan hidup seseorang. Hal tersebut antara lain adalah kemarahan, keangkuhan, dan dendam. Sedikit saja manusia melakukan sifat itu maka kehancuran sudah semakin nyata. Berikut ulasannya...

1. Kemarahan


Kemarahan suami pada istrinya dapat melumpuhkan rumah tangga mereka. Kemarahan ibu kepada anaknya mengakibatkan murka Allah dan akan dicap sebagai anak durhaka. Kemarahan dikantor dapat merugikan perusahaan. Dan masih banyak lagi dampak kemarahan pada kehidupan manusia. Menurut wikipedia kemarahan adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin. Rasa marah menjadi suatu perasaan yang dominan secara perilaku, kognitif, maupun fisiologi sewaktu seseorang membuat pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar.



Meski sebagian para pelaku mengaku bahwa kemarahan mereka timbul karena apa yang telah terjadi pada mereka tetapi para ahli psikologi menunjukan bahwa orang yang marah sangat mungkin melakukan kesalahan karena kemarahan menyebabkan kehilangan kemampuan pengendalian diri dan penilaian objektif. Seperti pemain sepak bola misalnya. Ketika ia marah terhadap pemain lainnya, besar kemungkinannya ia akan melakukan kesalahan yang sama. Konsentrasinya telah berkurang dan ia lebih fokus untuk menilai orang lalin daripada kinerjanya sendiri.


Nabi Muhammad bersabda janganlah engkau marah, dan kamu akan mendapatkan surga. Kita akan diberi hak oleh Allah untuk memilih bidadari kita sendiri. Jika kamu marah, maka yang lebih baik adalah diam. Meskipun kitapun mampu untuk melampiaskannya ke orang lain. Tapi diam itu yang lebih baik. Disinilah makna diam diartikan sebagai "Diam adalah Emas". Nabi Muhammad juga menyarankan jika kamu marah maka berwudhu atau mandilah. Karena air akan memadamkan api setan yang dapat membuat darah mendidih dan terbakarnya urat syaraf.


2. Keangkuhan


Keangkuhan atau kesombongan merupakan salah satu gerbang menuju kehancuran. Keangkuhan adalah merasa lebih tinggi atau hebat dengan apa yang dimilikinya. Kata lain dari keangkuhan adalah tinggi hati, sifat ini sangat dimurkai oleh Allah SWT. Padahal hanya sedikit saja nikmat yang diberikan kepadanya dia sudah merasa menjadi yang terhebat. Memang setiap orang pasti memiliki sifat sombong, tetapi tergantung kita apakah akan dilestarikan ataukah dapat dikontrol. Lihat seorang wanita yang cantiknya melebihi bidadari, jika dia sombong atau angkuh dengan kecantikannya maka kita akan merasa illfeel. Ingat...! Diatas langit itu masih ada langit. Tidak ada manusia yang paling hebat kecuali Nabi Muhammad saja. Kita merasa paling pintar padahal Allah yang Maha Pintar atau Ar Rosyid. Hidup kita dikelilingi oleh harta sehingga membuat kita merasa yang terkaya padahal ada yang lebih Maha Kaya atau Al Wajiid.


3. Dendam


Allah SWT dan Rasulnya sangat membenci orang yang pendendam. Selain hidupnya hancur, ia juga mendapat murka Allah. Oleh karena itu sebaiknya kita memaafkan kesalahan orang lain. Pahalanya begitu besar, yaitu disisi Allah. 


Jika kita telah diperlakukan tidak baik oleh orang lain hal yang begitu mulia adalah bersabar. Sebaliknya jika kita membalasnya maka kita menjadi orang yang hina, Ingatlah bahwa dibalik semua ini ada kehendak Allah, dan pasti ada hikmahnya. Dengan bersabar dan memaafkannya maka orang tadi akan sungkan untuk mengganggu kita lagi. Dosa yang pernah kita lakukan juga gugur. Itulah hikmah yang besar sekali dibalik kelakuan orang lain yang hina. 


Jika kita sudah tahu apa saja yang dapat menghancurkan seseorang maka selalu berhati-hati untuk tidak melakukan hal tersebut diatas. Karena yang paling hina kita akan menjadi teman terkutuk dibawah ini...