Sunday, 4 August 2013

Resensi Novel Sepatu Dahlan

BY Ale Video No comments

Ojok kepingin sugih. Itu lah penggalan kata-kata dari novel mega best seller "Sepatu Dahlan" karya Khrisna Pabichara. Sebuah novel yang berisi tentang biografi dahlan iskan. Kata-kata "ojok kepingin sugih" ditanamkan oleh keluarga dahlan iskan agar dalam menjalankan kehidupan jangan tergesa-gesa untuk mencari harta kekayaan, dan juga kita tidak disarankan untuk meminta-minta jabatan. Hanya saja jika diberi amanah hendaknya untuk disampaikan dan dilaksanakan dengan baik. Ternyata, dibalik ketenaran beliau seperti sekarang ini banyak kesulitan hidup yang ia alami. Kita diajak untuk melihat perjuangan beliau yang susah payah melawan kemiskinan sejak lahir. Menurut beliau ketika masih kecil, tidak ingin hidup miskin ketika sudah dewasa. Karena hidup miskin semuanya jadi terbatas.

Judul sepatu dahlan sendiri bercerita tentang keinginan seorang dahlan iskan kecil yang sangat mendambakan sepasang sepatu untuk digunakannya pergi ke sekolah dan bermain voli. Ia bekerja setiap hari memberi makan domba, ibunya membatik, serta bapaknya yang menjadi petani tetapi hasil dari pekerjaan tersebut masih belum cukup untuk dibelikan dengan sepatu.

Selain itu ia juga menginginkan sepeda agar ketika sekolah bisa berangkat tidak pagi-pagi sekali. Buku ini sangat memotivasi kita untuk tidak mengeluh dengan kemiskinan.